Resume Kajian Posku 7 April 2018

Kajian Rutin Posku KAF Jakarta Timur

Edisi April 2018.

Ceger, Sabtu, 21 Rajab 1439 / 7 April 2018

⚙MC : Pak Cucun

⚙TQ : Pak Roni

⚙Sambutan Mudir : Ustadz Asep Deni Nugraha, Lc

Poin pokok

1. Perlu Lillah, Ikhlas.

2. i-Kuttab wajib bagi OTS baru. Sunnah bg yg lain. Pendaftaran mulai kini – akhir Mei. Launching Juli. Durasi satu tahun. Tersedia brosur informasi i-Kuttab di admin KAF Jaktim. Berisi materi2 dasar ke-Kuttab-an. Untuk menyatukan visi dan misi.

3. Sosialisasi dan promosi MAF.

Ada pembinaan beladiri, renang, bahasa asing dll.

3 tahun pertama fokus qur’an.

Thn 1 : 7 juz

Thn 2 : 30 juz

Thn 3 : Mutqin, mampu tasmi’ 30 juz dlm 3 hari berturut2.

Thn 4 dst : Mutun dan sanad, dll

⚙Taushiyah : Ustadz Waalid Ilham Sambodo.

*TANGGUNG JAWAB AYAH dalam PENDIDIKAN ADAB*

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

(Bahasa Indonesia)

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”.

-Surat Luqman, Ayat 13

14 dialog Luqman dalam Qur’an bisa menjadi inspirasi, bahkan sampai hal teknisnya.

Raghib Assirjani: Ada perbedaan definisi peradaban; sebagian menyandarkan tandanya pada tingginya bangunan yang dibuat, luas dan kuatnya wilayah, atau ketinggian perhatian dan penguasaan ilmu orang-orang di Masa itu.

Simpulnya tanda peradaban terletak pada bangunan fisik (materi), kecerdasan orang (ilmu), prilaku (adab/tabiat).

Memahami Peradaban mesti berangkat dari kajian kata ADAB itu sendiri.

Disebut peradaban jika terisi orang2 yg berkualitas. Disinilah peran Ayah dalam menyiapkan dan mengisi generasi peradaban itu.

*KAIDAH ADAB*

Bersumber QS.Luqman ayat 13 dan 16-19

Diformulasikan kepada:

Hak Allah (tidak mempersekutukan)Pengawasan Allah sekecil apapunMotivasi untuk berbuat baikSholatAmar Ma’ruf Nahi MunkarSabarMelakukan aktifitas kebaikanTidak sombongTidak melecehkan orang lainRendah hatiSopan berbicara.

Bersumber Hadits, diantaranya 3 hadits populer berikut:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang terbaik akhlaknya” (HR At-Tirmidzi no 1162)

إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّيْ مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا

“Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan yang paling dekat denganku tempatnya pada hari kiamat adalah yang terbaik akhlaknya diantara kalian” (HR At-Tirmidzi 2018)

إِنَّ الْعَبْدَ لَيُدْرِكُ بِحُسْنِ خُلُقِهِ دَرَجَةَ الصَّائِمِ القَائِمِ

“Sesungguhnya seorang hamba itu benar-benar mencapai derajat orang yang berpuasa dan sholat malam dengan sebab akhlaknya yang baik” (HR Abu Dawud no 4798)

Faidah: Urgensi akhlak/adab, bahkan akhlak yg baik bisa lebih berpengaruh dari ibadah.

📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌

Lebih jelas simak kisah di bawah ini:

Berikut ini kisah Imam Syafi’i ketika berkunjung ke rumah Imam Ahmad bin Hambal. Imam Ahmad bin Hambal mempunyai seorang putri yang sholihah. Ketika Imam Syafi’i datang, putri beliau ingin sekali melihat Imam Syafi’i. Berikut kisah lengkapnya:

زار الإمام الشافعي رحمه الله تعالى الإمام أحمد بن حنبل ذات يوم في داره ، وكانت للإمام أحمد ابنة صالحة تقوم الليل وتصوم النهار وتحب أخبار الصالحين والأخيار ، وتود أن ترى الشافعي لتعظيم أبيها له ، فلما زارهم الشافعي فرحت البنت بذلك ، طمعاً أن ترى أفعاله وتسمع مقاله .

Suatu hari Imam Syafi’i -semoga Allah merahmatinya- berkunjung kerumah Imam Ahmad bin Hambal.

Imam Ahmad mempunyai seorang putri yang sholihah, kalau malam beribadah, siang berpuasa dan menyukai kisah orang-orang sholih dan pilihan.

Putri beliau ini ingin sekali melihat lmam Syafi’i secara langsung sebab sang ayah sangat menghormatinya.

Ketika Imam Syafi’i berkunjung kerumah mereka, sang putri merasa sangat senang dan berharap bisa melihat apa saja yang di kerjakan imam Syafi’i serta mendengar ucapan-ucapannya.

وبعدما تناول طعام العشاء قام الإمام أحمد إلى صلاته وذكره ، والإمام الشافعي مستلقٍ على ظهره ، والبنت ترقبه إلى الفجر ، وفي الصباح قالت بنت الإمام أحمد لأبيها

يا أبتاه … أهذا هو الشافعي الذي كنت تحدثني عنه ؟

قال : نعم يا ابنتي .

Setelah selesai makan malam bersama, Imam Ahmad menuju tempat sholat untuk melakukan sholat dan dzikir, Imam Syafi’i tiduran terlentang, sedangkan sang putri selalu mengawasi Imam Syafi’i sampai fajar.

Di pagi hari, sang putri berkata kepada ayahnya: “wahai ayahku… Apakah benar dia ini Imam Syafi’i yang engkau ceritakan padaku dulu?”

Imam Ahmad: ” benar anakku ..”

فقالت : سمعتك تعظم الشافعي وما رأيت له هذه الليلة .. لا صلاة ولا ذكراٍ ولا ورداً؟

وقد لا حظت عليه ثلاثة أمور عجيبة ، قال : وما هي يا بنية ؟

قالت : أنه عندما قدمنا له الطعام أكل كثيراً على خلاف ما سمعته عنه ، وعندما دخل الغرفة لم يقم ليصلي قيام الليل ، وعندما صلى بنا الفجر صلى من غير أن يتوضأ .

Putri: “aku mendengar bahwa engkau menghormati Imam Syafi’i, tapi apa yang aku lihat tadi malam dia…tidak sholat, tidak dzikir tidak pula wirid? dan aku juga melihat ada 3 hal yg aneh”.

Imam Ahmad : “apa saja 3 hal itu, wahai annaku?”

Putri:” ketika kita sajikan makanan kepada Imam Syafi’i, dia makan banyak sekali dan ini berbeda dengan yg ku dengar. Ketika masuk kamar, dia tidak beribadah sholat malam. Dan ketika sholat subuh bersama kita, dia sholat tanpa wudlu.”

فلما طلع النهار وجلسا للحديث ذكر الإمام أحمد لضيفه الإمام الشافعي ما لاحظته ابنته ، فقال الإمام الشافعي رحمه الله :

يا أبا محمد لقد أكلت كثيراً لأنني أعلم أن طعامك من حلال ، وأنك كريم وطعام الكريم دواء ، وطعام البخيل داء ، وما أكلت لأشبع وإنما لأتداوى بطعامك ، وأما أنني لم أقم الليل فلأنني عندما وضعت رأسي لأنام نظرت كأن أمامي الكتاب والسنة ففتح الله عليّ باثنتين وسبعين مسألة من علوم الفقه رتبتها في منافع المسلمين ، فحال التفكير بها بيني وبين قيام الليل ،

Ketika agak siang dan mereka berbincang-bincang, Imam Ahmad berkata kepada Imam Syafi’i tentang apa yang dilihat oleh putrinya, lalu Imam Syafi’i -semoga Allah merahmatinya- berkata:

“Wahai aba Muhammad, aku memang semalam banyak makan karena aku tahu bahwa makananmu adalah halal dan engkau adalah orang mulia sedangkan makan orang mulia adalah obat, kalau makanan orang bakhil adalah penyakit, jadi, aku makan bukan untuk kenyang tapi untuk berobat dengan makananmu.

Adapun semalam aku tidak sholat malam, hal itu dikarenakan ketika aku melatakkan kepalaku utk tidur, aku melihat seolah-olah al Qur’an dan Hadits berada di depanku, kemudian Allah membukakan kepadaku 72 masalah ilmu fiqih yg kususun untuk kemaslahatan muslimin, maka memikirkan ilmu inilah yang menghalangi antara diriku dan sholat malam.

وأما أنني صليت بكم الفجر بغير وضوء ، فوالله ما نامت عيني حتى أجدد الوضوء . لقد بقيت طوال الليل يقظاناً ، فصليت بكم الفجر بوضوء العشاء . ثم ودّعه ومضى .

فقال الإمام أحمد لابنته : هذا الذي عمله الشافعي الليلة وهو نائم ( أي مستلقٍ ) أفضل مما عملته وأنا قائم .

Adapun ketika sholat subuh bersama kalian aku tidak wudhlu, maka demi Allah tidaklah kedua mataku tertidur hingga aku butuh memperbaharui wudhlu. Semalam suntuk aku terjaga, jadi aku sholat subuh bersama kalian dengan wudhu sholat Isya’ .” Kemudian Imam Syafi’i berpamitan dan pulang.

Imam Ahamd berkata kepada putrinya: “yang di kerjakan oleh oleh Imam Syafi’i semalam dalam keadaan tiduran, lebih utama daripada apa yang kukerjakan sambil sholat malam .”

(Dikutip dan diterjemahkan dari Kitab Zaadul Murobbiyyin).

📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌

Nuh ‘Alaihi Salam yang pertama menjadi Rasul. Sebelumnya baru disebut Nabi. Pada masanya bibit syirik mulai nyata bentuknya. Bermula dari kekaguman, penghormatan dan kerinduan mengenang sosok orang2 hebat/sholih yg sudah tiada, perlahan diwujudkan menjadi gambar dan patung yg disucikan, selanjutnya menjadi wasilah beribadah (tawasul) kepada Allah.

Momentum bujukan setan adalah dg visualisasikan sosok orang sholih/penting untuk terus dikenang. Inilah Pola umum dimulainya beribadah kpd berhala/patung. Harus waspada dan hati2.

Sayyid Qutb : “Akhlak yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah merupakan Akhlak yg sudah pasti, tidak berubah dan tidak terganti.”

Perlu jeli dan bijak tetapkan prioritas dan urutan seni mendidik anak. Mana yg penting dan poooentiiing. Contoh inplementasinya: seberapa pentingkah belajar bahasa Inggris shg byk yg memulai belajar sejak jenjang TK/SD ???Anehnya, setelah 12 tahun belajar pun msh perlu ambil bimbel saat mau tes TOEFL. Padahal menurut praktisi bimbel proses itu bisa diringkas hanya 2 tahun.

Porsi/urutan paling alas adalah Adab dan Qur’an. Menanamkan kejujuran dan sifat baik lainnya penting, tapi lebih prioritas tanamkan hak Allah (Tauhid). Pantas saja 13 tahun awal dakwah Nabi di Makkah porsi terbesarnya menanamkam Tauhid ini. Sibuk untuk pemantapan ruh.

Hari ini, belajar urutan dan teknis sudah dimudahkan. Sudah banyak beredar buku2 tentang ini. Tinggal diikuti panduannya dan sesuaikan dg kondisinya. Misalnya Buku Adnan Hasan Baharits, Khalid Syantut dll.

🗒🗒🗒🗒🗒🗒🗒🗒🗒🗒

Ayah harus siap berstrategi:

*1. Pola dimulai Akhlak kepada Allah, penegakkan hak Allah. Fitrah. *

Metode: cekokin. Biasakan kalimat Allah. Inspirasi dari do’a2 harian. Ini prosesi penjagaan fitrah panduan dari Allah.

Skill ayah yg diperlukan:

Mampu membuat pertanyaan, kadang soal dari ayah atau anak.Mampu menjawab dg ringkas untuk anak pra mumayyiz.Melatih anak berfikir/tadabbur saat anak mumayyiz (qanuni).

Metode: hindari perbedaan, gunakan panduan yg tersedia.

Ajari teknis bukan konseptual agar anak siap bertindak.

Urutan Kebutuhan Fitrah:

1-2 : menyusu, dominan peran ibu.

2-3 : cerewet

4-5 : ikuti dewasa

7 : mulai di suruh sholat.

10 : boleh dipukul jika melanggar

Baligh : mukallaf, siap dg semua beban.

Paling dahsyat fase di usia muda. Ini tergantung penjagaan fitrah di usia anak.

Setiap anak memiliki fitrah kebaikan. Mestinya lebih mudah mengajari anak menjadi baik dari tidak baik (nakal). karena bibitnya baik.

Lakukan Muqadimah yg baik, sehingga tinggalkan kesan mendalam yg baik.

2. Memperkenalkan nikmat Allah yang ada di alam semesta.

Metode: mengenalkan lingkungan sekitar sbg ciptaan dan nikmat Allah.

Foto dan video safar untuk bahan omongan dg anak. Untuk kenalkan nikmat dan ciptaan Allah. Tema dahsyat diskusi dg anak.

*3. Menanamkan rasa Muraqabbah (merasa diawasi).*

Metode: Targhib dan Tarhib, motivasi dan ancaman. Perbanyak targhib dan sedikit tarhib.

Teknis: saat makan, jalan, belajar ingatkan itu diawasi Allah. “Nak kamu sudah melakukan prilaku ahli surga.”

Memelihara suatu kebaikan meski kecil agar rutin, lebih baik dari kebaikan besar tapi hanya sekali2.

✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻
Ujung pendidikan ADAB yang harus dijaga:

1. Perlu lapangan. Praktek.

2. Perlu pembiasaan. Pengulangan dan konsisten.
✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻✍🏻

Orang sholih yg hidup sendiri kualitasnya kalah dibanding orang sholih yg bisa berbaur dg orang lain.

Untuk menghadirkan kekaguman dan adab anak kepada Nabi, harus ceritakan kisah2 Nabi dan teladan lainnya. Termasuk dengan tidak menyingkat sebutan untuk Nabi dan Shahabat. Lengkap menyebut Shallallahu alaihi wassallam dan Rodhiyallahu ‘anhu.

4. Akhlak terhadap Nabi dan Rasul

5. Akhlak terhadap sesama

6. Akhlak terhadap muslimin

7. Akhlak terhadap non muslim

8. Akhlak terhadap syetan

9. Akhlak terhadap binatang dan alam

🗝🗝🗝🗝🗝🗝🗝🗝🗝🗝

*Sesi Tanya Jawab*

1. Bagaimana teknik menjawab anak ttg perbedaan yg dilihat dilingkungan, bolehkah anak di bawa ke kajian aqidah, bagaimana menyikapai anak baca buku lalu ketemu ikhtilaf ?

Perlu Bingkai dalam penerapan. Sangat Teknis dan tambahan tips. Ibarat cincin. Bisa cocok tergantung kondisi. Terkait hal selain aqidah bisa kreatifitas. Silakan dipilih dan berkreatifitas. Yang paling mengerti kondisi dan kebutuhan anak adalah orang2 terdekatnya. Dipandu ilmu dan ulama/guru.

Prinsipnya: Apa yg ayah lakukan itulah yg ditanamkan kpd anak. Hadirkan rasa syukur anak dengan kehadiran orang terdekatnya, yaitu keluarganya.

Justru perlu sekali2 mengajak anak ke majlis2 ilmu. Syaratnya tidak mengganggu. Meski kemudian hanya tertidur. Ketika ada perbedaan, kuncinya ada pada pemahaman dan pendirian Ayah dan mampu menjelaskan.

Juga dg bacaan yg memuat perbedaan, para ayah harus siap dan mampu menjelaskan pendiriannya.

2. Bagaimana stimulasi keberanian utk mengatakan/akui benar dan salah ?

Haq dan bathil sangat jelas. Usia 7 tahun biasanya mulai mampu mengerti haq bathil. Perlu seni untuk melatih keberanian anak amar ma’ruf nahi munkar. Mulai dari lingkungan keluarga agar dampaknya bisa dikendalikan. Perlu strategi menyeimbangkan lisan dan amal, fisik dan fikir.

Selanjutnya dan selengkapnya ikuti slide presentasi.

⚙Presentasi program K3 – HSE : Pak Dani Wira

⚙Presentasi MAQOM 5 : Pak Yuhendra

_Alhamdulillah. Wallahu a’lam bishowwab._

_Resume ditulis oleh Abu Adzka Muhammad (Q.1-A) KAF Jakarta Timur. Mohon koreksi bila ada yg keliru dan kurang. Semoga bermanfaat. Barakallahu fikum._

We always check finished projects for plagiarism with special software programs before handing them online essay writers in to our clients.